Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nasi Kelor Kuliner Unik di Tamblang

Tamblang.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan admin ganteng yang selalu percaya diri untuk berbagi informasi. Kali ini admin akan memberikan info kuliner unik yang hanya ada di desa Tamblang yakni nasi Kelor yang tiada duanya.

Nasi Kelor Kuliner Unik  di Tamblang
Foto: FB widani

Mungkin bagi orang Tamblang Nasi Kelor ini sudah tidak asing lagi karena hampir tiap hari bisa didapat dengan mudah karena ada penjual Nasi Kelor keliling di seputaran Tamblang.

Saya sendiri tidak tahu sejak kapan ada nasi kelor, seperti apa sejarahnya kenapa bisa ada nasi kelor, mungkin nasi kelor ini sudah ada sejak zaman dahulu kala di Tamblang yang dirintis oleh kaum perempuan.

Bagi kamu yang penasaran, mungkin bertanya-tanya seperti apa nasi kelor itu dan apa saja bahannya? Seperti namanya nasi kelor ini berbahan daun/sayur Kelor (Moringa oleifera) dan juga ada nasinya, namun nasinya ini yang beda.

Untuk kelornya sendiri tidak ada yang beda yang dipakai daun kelor biasa yang direbus. Nah yang beda adalah bahan nasinya, nasi kelor nasinya berbahan dari senggauk atau nasi aking kering namun dipilih nasi aking yang bersih dan putih yang di olah kembali menjadi seperti nasi dan di campur dengan sayur kelor.
Nasi Kelor Kuliner Unik  di Tamblang
Foto: FB Widani

Nah biar terasa nikmat, saat makan nasi kelor ini tidak ada atau tidak pakai lauk, yang dipakai adalah sambel tok yakni sambel kunci. Sambel inilah yang membuat nasi kelor menjadi terasa istimewa dan nikmat apa lagi kalau sambelnya agak pedas. Selain itu bisa juga di tambah kerupuk supaya lebih ramai.

Melihat dari bahannya yakni senggauk, mungkin makanan ini adalah camilan karena memanfaatkan nasi sisa yang masih bagus, jika dikasi untuk pakan ternak, terlalu bagus, maka munculah ide untuk mengolah aking itu sebagai makanan lagi.

Nah itulah info tentang kuliner unik yang ada di desa Tamblang yakni Nasi Kelor dengan sambel kuncinya, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Nasi Kelor Kuliner Unik di Tamblang"