Makna Lambang / Logo Desa Tamblang

Tamblang.com - Semeton Tamblang mungkin sudah sering melihat lambang / logo desa Tamblang yang kita cintai ini. Mungkin sudah paham dengan makna dari logo tersebut. Namun mungkin ada juga yang belum paham apa sebenarnya makna dari logo Tamblang tersebut.

Makna Lambang / Logo Desa Tamblang

Baiklah kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang apa makna dari logo Tamblang tersebut, karena saya yakin setiap sesuatu yang dibuat terutama logo tentu memiliki makna tertentu yang ada kaitannya dengan desa Tersebut.

Saya tidak tahu siapa yang menyusun logo ini dan sudah sejak kapan logo desa Tamblang ini dipakai, apakah sejak adanya desa dinas Tamblang atau sejak beberapa tahun lalu. Saya belum sempat mencari informasi sampai kesana. Nah yang terpenting sekarang kita tahu apa makna dibalik lambang / logo desa Tamblang ini.

Berikut ini adalah penjelasan dari makna logo desa Tamblang yang terdiri dari 8 kompnen.
  1. Lima ( 5 ) sudut luar Kembang Teratai melambangkan Dasar kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia adalah Pancasila.
  2. Segitiga di atas berisikan huruf OM, melambangkan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan mengupayakan terwujudnya keseimbangan Tri Hita Karana ( Parahyangan, Pawongan, Palemahan ).
  3. Candi Paduraksa salah satu bagian dari bangunan Pura. Pura adalah tempat pemujaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Melambangkan tempat atau sarana Pemujaan Umat Hindu yang mana warga Tamblang mayoritas beragama Hindu.
  4. Candi Paduraksa bertingkat tiga, melambangkan wilayah Desa Tamblang terdiri dari 3 ( tiga ) Desa Adat ( Tamblang, Tangkid, Kelampuak ).
  5. Dua buah Patung Singa yang berada di sebelah kiri dan kanan Paduraksa, melambangkan wilayah Desa Tamblang berada di wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng.
  6. Padi dan Kapas yang melengkung ( padi di sebelah kanan dan kapas di sebelah kiri Paduraksa), melambangkan cita-cita warga Tamblang untuk mencapai kesejahteraan warganya.
  7. Tangga berjumlah 5 ( lima ) menuju Paduraksa, melambangkan Desa Tamblang terdiri dari 5 ( lima ) Banjar Dinas ( Kelampuak, Tangkid, Kaja Kauh, Kaja Kangin, Kelod Kauh ).
  8. Teras yang melengkung sebagai dasar lambang bertuliskan Desa Tamblang, melambangkan Tekad yang kokoh dari warganya untuk mendukung Pembangunan Desa guna meraih Cita – citanya.
Nah itulah makna dari Logo desa Tamblang yang saya kutip dari laman resmi desa Tamblang (http://tamblang-buleleng.desa.id) semoga semua warga desa Tamblang tahu dari makna lambang atau logo desa Tamblang, semoga bermanfaat dan terimakasih. 

Belum ada Komentar untuk "Makna Lambang / Logo Desa Tamblang"

Posting Komentar

Silakan Berikan Komentar Anda dengan baik dan bijaksana, Tunjukkan diri Anda kalau Anda orang yang berkualitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel